| Sitemap | Home |    

Home  

Seminar 1 Hari
Strategi Menuju Pelabuhan Internasional

(Prospek dan tantangan kedepan)

PENGANTAR

Pelabuhan Indonesia sedang menghadapi tantangan yang serius karena tingginya pertumbuhan ekonomi nasional dalam satu dasa warsa terakhir. Berbagai kebijakan pemerintah telah mendorong sektor ini untuk segera mengantisipasi berbagai tantangan dan tuntutan dari para stakeholdersnya untuk siap mengemban tugas kepelabuhan yang sehat, cepat, efisien dan professional.

Pertumbuhan arus barang dan jasa melalui pelabuhan laut terus meningkat tinggi. Fenomena inii bisa dilihat pada jumlah perusahaan pelayaran dan armada kapal yang juga ikut meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan arus peti kemas yang dikelola Pelindo, misalanya terus naik tajam sehingga perusahaan harus melakukan investasi trilyunan rupiah untuk mengantisipasi pesatnya arus barang dan jasa yang harus dilayani. Demikkian pula dengan berbagai pelabuhan laut di seluruh Indonesia. Semua pelabuhan mengalami kenaikan bongkar muat peti kemas dengan kenaikan bervariasi dari 10 persen hingga 30-an persen. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis di sektor pelabuhan laut memiliki prospek yang sangat cerah dan kuat di masa depan.

Namun di sisi lain, kondisi seperti ini memuat tantangan yang tidak mudah dan tidak kecil bagi para pelakunya. Berbagai pelabuhan Indonesia menghadapi tantangan yang hampir sama yakni melonjaknya arus lalu lintas barang dan jasa namun sarana dan prasarananya justru belum siap atau tidak memadai untuk memenuhi tuntutan dan lonjakan arus bisnis dan ekonomi ini.

Secara global, persuahaan-perusahaan yang bergerak di sektor ini menghadapi tantangan yang kuat seperti globalisasi ekonomi kian mengakar, pesatnya persaingan pada industri sejenis baik dari dalam maupun luar negeri,  meningkatnya peran regulator internasional seperti International Maritime Organization yang akan mengurangi peran Negara dalam regulasi maritim serta meningkatnya kualitas ekonomi dan tenaga kerja terampil untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan dari para user.

Kondisi Indonesia masih dihadapkan oleh banyak kendala lain seperti minimnya kredit perbankan untuk sektor ini, keterbatasan lahan dan regulasi yang sering tumpang tindih yang bisa menghambat arus barang dan jasa di pelabuhan serta daya tampung pelabuhan yang terbatas.

Harapan dan peluang pengembangan bisnis datang bersamaan dengan tantangan dan hambatan yang tidak kecil. Namun semua pelaku pada industri ini harus menatapnya dengan optimisme karena peluang dan tantangan adalah momentum untuk tumbuh dan memenangkan persaingan yang ada.

Seminar  ini akan menyorot secara detail berbagai peluang dan tantangan apa yang harus kita hadapi dan jalankan  jika ingin menjadi yang terbaik dalam industry pelabuhan laut di Indonesia. Para pakar dan praktisi akan dihadirkan dalam seminar ini untuk menjadi nara sumber dalam diskusi seminar tentang  “PELABUHAN INDONESIA : Tantangan dan Peluangnya”.

TUJUAN SEMINAR

Seminar ini bertujuan :

  • Untuk mendapatkan gambaran secara komprehensif tentang peta perkembangan Pelabuhan di Indonesia  dan perannya dalam pembangunan Indonesia
  • Untuk mendapatkan informasi peluang – peluang usaha yang terkait dengan perkembangan Pelabuhan di  Indonesia
  • Untuk mendapatkan  informasi berkaitan dengan  pembangunan infrastruktur pelabuhan di Indonesia
  • Untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan masalah – masalah hukum yang  ada di sekitar pelabuhan
PESERTA SEMINAR

Peserta yang diharapkan hadir adalah :

  • Para Eksekutif  Bisnis Pelabuhan di Indonesia
  • Para Eksekutif Bisnis forwarding di Indonesia
  • Para Bankir
  • Para Calon investor  Usaha – usaha di Pelabuhan
  • Para Eksportir  & Importir

<< Conference Comprehensive