Tempat :
Jakarta



Tanggal :
17 - 18 Mei 2017



Biaya Investasi :
Rp. 4.000.000,-/ peserta



Pembayaran melalui :
Bank Mandiri
Cab. Warung Buncit, Jakarta
AC. 127.0001044377 a/n. PT. INTIPESAN KONSULINDO


aa

ENHANCING C-D-M-P
(Coverage, Distribution, Merchandising, Sales Promo)
TO BOOST RETAILER SALES TEAM PERFORMANCE
Dasar Pemikiran :

Secara esensial, kegiatan usaha apapun, setidaknya memiliki tiga tujuan utama, yaitu: KEUNTUNGAN, PENJUALAN dan PERTUMBUHAN. Untuk mencapai ketiga tujuan tersebut tentu tidak mudah, karena semua kegiatan usaha mempunyai tujuan yang sama. Sehingga persaingan semakin ketat, karena setiap perusahaan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dari yang lain. Dan karena saat ini secara funngsional produk apapun “nyaris sama”, maka kemudahan dan kecepatan konsumen unutuk mendapatkan produk yang diinginkan; kapan saja dan dimana saja, menjadi salah satu keunggulan strategis bagi setiap produk untuk memenangkan persaingan. Untuk itu, supaya produk mudah terjual, karena konsumen merasa semakin mudah dan semakin cepat memperoleh produk yang diinginkan, maka perusahaan perlu mengelola dengan baik EMPAT elemen keberhasilan sbb.:
1.COVERAGE: Semakin banyak outlet yang dilayani secara langsung 2.DISTRIBUTION; Semakin banyak jenis produk yang dijual di semakin banyak outlet
3.MERCHANDISING: Produk-produk harus semakin terlihat menarik dan mencolok di setiap outlet
4.SALES PROMO: Harus ada kegiatan terintegrasi yang mendorong konsumen dan toko untuk membeli lebih banyak

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat;

  • Memahami Tujuan Perusahaan dan perilaku konsumen saat ini
  • Memahami pentingnya CDMP dalam pencapaian tujuan perusahaan
  • Memahami, mengerti dan dapat melakukan berbagai hal yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas CDMP di
  • wilayah kerja penjualannya sehingga dapat meningkatkan kinerja penjualannya
MATERI PELATIHAN :

Topik 1 : COVERAGE
Dalam situasi persaingan yang semakin ketat dewasa ini, maka semakin mudah suatu produk didapatkan oleh konsumen, kapan saja dan dimana saja akan semakin mudah produk tersebut terjual. Dan karena “toko” adalah matarantai paling akhir bagi produsen agar produkya dapat diperoleh oleh konsumen, maka semakin banyak toko yang menjual produknya, akan menentukan kinerja penjualannnya. Dalam topik ini peserta akan mempelajari:
1.Arti Coverage dan pentingnya dalam kegiatan penjualan
2.Tujuan coverage dan hubunganya dengan daya saing produk
3.Mengukur efektifitas coverage
4.Memahami outlet “universe” dan cara menghitungnya
5.Menentukan outlet “yang tepat”
6.Menentukan outlet yang “Layak Dikunjungi”
7.Memahami arti “outlet aktif”
8.Mengidentifikasi berbagai permasalah Coverage di wilayah kerja penjualan
9.Merancang upaya peningkatan coverage di wilayah kerja penjualan

Topik 2 : DISTRIBUTION
Optimalisasi Coverage belum menjamin optimalisasi kinerja penjualan. Jika produk di outlet tidak lengkap, atau habis sebelum kunjungan salesman berikutnya, maka akan terjadi “kehilangan penjualan” karena kemungkinan besar konsumen akan berganti merk karena produk yang dicari tidak ada di toko ketika dibutuhkan. Oleh sebab Itu “kelengkapan” dan “kecukupan” produk di toko akan menjadi kunci penting berikutnya untuk meningkatkan kinerja penjualan. Dalam topik ini peserta akan mempelajari:
1.Pengertian “Distribution” dan pentingnya dalam kegiatan penjualan
2.Pengertian “Horizontal Distribution”
3.Pengertian “Vertical Distribution”
4.Pengertian “Weighted Distribution”
5.Alat-alat bantu untuk meningkatkan “Distribution”
6.Mengidentifikasi berbagai permasalahan distrbusi di wilayah kerja penjualan
7.Tahapan penting dalam usaha melakukan optimalisasi “Distribution”

Topik 3: MERCHANDISING
Dalam banyak kasus, sebagian besar pembeli memutuskan pembelian secara spontan (impulse buying) karena adanya rangsangan eksternal tertentu. Kelengkapan dan Kecukupan produk di toko masih belum menjamin terhjadinya pembelian oleh konsumen. Produk di setiap outlet harus “TERLIHAT, MENCOLOK dan MENARIK” di mata pembeli sehingga akan lebih merangsang serta mendorong timbulnya keputusan untuk membeli; Dalam topik ini peserta akan mempelajari:
1.Pengertian “Merchandising” dan pentingnya dalam kegiatan penjualan
2.Proses terjadinya pembelian di outlet
3.Falsafah dasar Merchandising
4.Arti dan isi Merchandising Mix
5.Mengukur efektivitas merchandising
6.Mengidentifikai berbagai permasalah merchandising yang dihadapi
7.Merancang berbagai paya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas merchanding di wilayah kerja penjualan.

Topik 4: SALES PROMOTION
Untuk meningkatkan ketersediaan produk-produk di outlet, baik jumlah maupun jenisnya, maka perlu kegiatan khusus yang mendorong salesman berusaha lebih gigih melakukan penjualan ke outlet, mendorong toko lebih banyak membeli dan mendorong lebih banyak konsumen untuk membeli. Untuk itu, maka kegiatan Sales Promo menjadi salah satau elemen yang penting untuk meningkatkan kinerja tim penjualan. Dalam topik ini peserta akan mempelajari:
1.Perbedaan penting antara Marketing Promo dan Sales Promo
2.Tujuan dan Manfaat Sales Promo
3.Jenis-jenis kegiatan Sales Promo yang utama
4.Esensi dan Tujuan Trade Promo
5.Esensi dan Tujuan Consumer Promo
6.Esensi dan Tujuan Salesforce Incentive
7.Peran Salesforce dalam pelaksanaan Sales Promo

Topik 5: ADMNISTRASI PENJUALAN
Administrasi penjualan adalah semua dokumentasi atau catatan kegiatan penjualan yang dilakukan Sales Person di setiap outlet. Tanpa ada adminostrasi penjualan yang baik, maka sulit diketahui kualitas kegiatan Sales Person di outlet, sehingga akan sulit untuk melakukan berbagai kegiatan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas CDMP di wilayah kerja Sales Person Dalam topik ini peserta akan mempelajari:
•Tujuan dan manfaat Administrasi Penjualan
•Esensi dan manfaat Kartu Pelanggan (CRC)
•Esensi dan manfaat Laporan harian Sales Person
•Esensi dan manfaat Laporan Dinding
•DUA langkah penting yang dapat dilakukan Sales Person untuk meningkatkan penjualan melalui peningkatan Kualitas Administrasi Penjualan

Topik 6: MENGELOLA KEGIATAN HARIAN Sales Person SECARA EFEKTIF
Sukses dan tidaknya Sales Person akan sangat ditentukan bagaimana dia melakukan kegiatannya sehari-hari dengan baik, dan semakin baik. Jika CDMP menjadi kunci peningkatan prestasi penjualan Sales Person, maka peiningkatan prestasi penjualan Sales Person akan ditentukan bagaimana Sales Person melakukan implementasi CDMP setiap harinya. Kemampuan Sales Person mengelola kegiatan hariannya akan menentukan kualitas implementasi CDMP di wilayah kerjanya dan ujungnya adalah peningkatan prestasi penjualannya. Dalam topik ini peserta akan mempelajari:
•Esensi Mengelola Kegiatan Harian bagi Sales Person
•Peningnya mengelola kegiatan harian Sales Person secara efektif
•Esensi kegiatan Sales Person pagi hari di Kantor sebagai modal untuk untuk meningkatkan prestasi penjualan harian
•Esensi kegiatan di outlet : Basic Call Procedure (BCP): kunci untuk meningkatkan penjualan di outlet
•Esensi kegiatah Sales Person sore hari di kantor: dasar untuk melakukan perbaikan yang terus menerus


Pembicara


TEGUH PURWADI



Founder and Managing Partners BeBest Learning Services.
In more than 20 years professional carees in some multi-national companies, he has participated in more than 100 classes of trainings, workshops, seminars, outside as well as in side the country (such as in; USA, Panama, Costarica, Colombia, Japan, Hongkong, Taiwan, Philipine, Malaysia, Singapore, Thailand, Srilangka,etc.) and have facilitated more than 1.500 classes of training participated by various level of participants from various businesses.
• Gradute from Social & Political Sciences Fac. of Gadjah Mada Univ.- Yogya
• Master of Management from Sekolah Tinggi Manajemen “IMMI”, Jakarta.
• DR (c) Business Management of IPB- Bogor
Professional Career;
•Unilever Indonesia (1998-2004); Area Sales Manager & Sales Training Manager
•Bank Umum Nasional & Ongko Group (1993-1997); Training Center Manager
•General Motors Indonesia (1993); Recruitment & Training Manager
•Chiquita Brands International (1992); Recruitment & Training Manager
•Coca-Cola Indonesia (1988-1992); National Training Manager
•Olympic Group (1987-1988); Business Development Manager
•Texmaco Group (1986); Corporate Personnel Manager
•Astra Group (PT. Gaya Motor) (1982-1986); Total Quality Control Manager
•Boehringer Ingelheim (1981-1982); Medical Representative
•Plan International (1979-1980); Educational Project Manager


Informasi Pendaftaran Hubungi

Sisca
Telp. (021) 781 5858, 781 9844 Fax. (021) 7883 8781

Email: learningcenter@intipesan.co.id

PT. INTIPESAN penyelenggara Seminar, Training, Outbond & EO
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Training (2 day), Jakarta, 2-3 Desember 2013

BUSINESS PLAN
Training (2 day), Jakarta, 2-3 Desember 2013

KIAT MENJADI WIRAUSAHA SETELAH PENSIUN
Training (1 day), Jakarta, 6-7 Desember 2013

COMPETITIVE SELLING SKILLS
Training (1 day), Jakarta, 6-7 Desember 2013

EFFECTIVE LEADERSHIP
Training (2 day), Jakarta, 9-10 Desember 2013

PROJECT FINANCING
Training (2 day), Jakarta, 9-10 Desember 2013

ANALISA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN
Training (2 day), Jakarta, 11-12 Desember 2013

COACHING AND COUNSELING
Training (2 day), Jakarta, 13-15 Desember 2013

PERFORMANCE MANAGEMENT
Training (2 day), Jakarta, 16-17 Desember 2013

TNA & MEASURING TRAINING IMPACT AT WORK
Training (2 day), Jakarta, 16-17 Desember 2013

MANAGING CUSTOMER SERVICE EXCELLENCE
Training (2 day), Jakarta, 18-19 Desember 2013

BEHAVIOR-BASED INTERVIEWING TECHNIQUES
Training (2 day), Jakarta, 20-21 Desember 2013

INTEGRATED DIGITAL MARKETING STRATEGY
Training (1 day), Jakarta, 20-21 Desember 2013

BRANDING STRATEGY
Training (2 day), Jakarta, 23-24 Desember 2013

 

Untitled Document

                           

Home || Profile | Team | Instructor/Consultant | Speakers Conference || Conference
Training || In House Training | Annual Training 2017| Consulting & EO | Client | Gallery || Contact Us

Jl. Baung IV No.36A (Kebagusan) Jakarta 12520 Telp. (021) 7815858 Fax. (021) 78838781
Copyright © 2007 - 2017 PT. Intipesan Pariwara